RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP TEMATIK )
Nama Sekolah : SDN 1 Bojongsari
Tema : Pekerjaan
Kelas / Semester : III (Tiga) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 10.40 – 11.15 (35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1.
I
P S : 2.
Memahami jenis-jenis pekerjaan dan penggunaan uang
2.
Bahasa
Indonesia : 8. Mengungkapkan pikiran
dan informasi dalam karangan sederhana
B. Kompetensi
Dasar
1.
IPS
2.2. Memahami
pentingnya semangat kerja
2.
Bahasa
Indonesia
8.1.
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat
yang tepat dengan memperhatikan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
I.
Tujuan
Pembelajaran
v Siswa dapat menjelaskan pentingnya semangat kerja
(kritis)
v Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri orang memiliki semangat
kerja (peduli sosial)
v Siswa dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar
seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan ejaan,
huruf kapital dan tanda titik (kecerdasan)
II.
Indikator
1.
IPS
v Menjelaskan
pentingnya semangat kerja (kritis, berpikir logis)
v Menyebutkan
ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja (peduli sosial)
2.
Bahasa Indonesia
v Membuat
karangan sederhana berdasarkan gambar seri (kreatif, berpikir logis)
III.
Materi
Pembelajaran
1.
Semangat kerja
2.
Menulis
karangan sederhana
IV.
Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Pemberian tugas
V.
Langkah-langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal (5 menit)
Apersepsi :
·
Memperkenalkan diri
·
Mengkondisikan
siswa untuk mengikuti pembelajaran (kepedulian)
·
Guru
menyampaikan tema dan tujuan belajar (rasa ingin tahu)
B.
Kegiatan Inti (20 menit)
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
Ø
Menunjukkan
gambar macam-macam pekerjaan (rasa ingin tahu)
Ø
Menunjukkan
gambar seri (rasa ingin tahu)
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
Ø Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan dan mencatatnya
(kecerdasan)
Ø Menjelaskan pentingnya semangat kerja (kritis, berpikir
logis)
Ø Memberikan
gambar seri, mengurutkannya, dan membuat kalimat pergambar seri
Ø Menggabungkan
kalimat-kalimat tersebut menjadi karangan sederhana dan memberinya judul
Ø Konformasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru :
Ø Guru bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (kejujuran)
Ø Guru
dan siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman materi penguatan dan
penyimpulan (kecerdasan)
C.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø Membuat
kesimpulan
Ø Mengerjakan
tes sumatif
VI.
Alat
dan Sumber Belajar
a.
Buku Sumber : Ilmu Pengetahuan Sosial SD untuk Kelas III
Penerbit Erlangga hal. 67 - 69
b. Alat
peraga : Gambar-gambar
jenis pekerjaan, gambar seri
VII. Penilaian
a.
Tertulis
- Bentuk
Istrumen : Isian
b. Lisan
SOAL-SOAL
IPS
Tertulis
Isilah titik-titik di
bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Petani menanam padi di ….
2. Orang yang pekerjaannya mengemudikan kereta api disebut
….
3. Alasan utama orang bekerja adalah ….
4. Mata pencaharian di desa sebagian besar adalah ….
5. Ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja …. dan ….
Lisan
1. Sebutkan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja!
2. Orang yang bekerja di kantor dan digaji oleh Negara
disebut ....
3. Orang yang pekerjaannya memeriksa orang yang sakit
disebut ....
Kunci
Tertulis
|
1.
sawah
|
2.
masinis
|
3.
mendapatkan
penghasilan
|
4.
petani
|
5.
jujur, disiplin,
suka bekerja keras, tidak malu, pantang menyerah
|
|
Lisan
|
1.
jujur, disiplin,
suka bekerja keras, tidak malu, pantang menyerah
|
2.
PNS
|
3.
dokter
|
|
Kriteria Penilaian
1. Produk
(hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Ø
Semua benar
Ø
Sebagian besar benar
Ø
Sebagian kecil benar
Ø
Semua salah
|
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
2
|
Kerja sama
Partisipasi
|
Ø
Bekerja sama
Ø
Kadang-kadang bekerja sama
Ø
Tidak bekerja sama
Ø
Aktif berpartisipasi
Ø
Kadang-kadang aktif
Ø
Tidak aktif
|
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performa
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1
2
3
4
5
dst.
|
|
|
|
|
|
|
PEDOMAN
NILAI KARAKTER
No
|
Indikator
|
NilaI
Karakter
|
|||
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kejujuran
|
|
|
|
|
2
|
Kecerdasan
|
|
|
|
|
3
|
Berpikir logis
|
|
|
|
|
4
|
Percaya diri
|
|
|
|
|
5
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
6
|
Keingintahuan
|
|
|
|
|
7
|
Menghargai
karya orang lain
|
|
|
|
|
8
|
keberanian
|
|
|
|
|
9
|
Kepedulian
|
|
|
|
|
10
|
demokratis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………………. 2013
Mahasiswa
………………
NIM. …………..
|
Mengetahui,
|
|
Pembimbing
I,
|
|
Pembimbing
II,
|
|
|
|
…………………………..
|
|
…………………………..
|
NIP.
………………………….
|
|
NIP.
………………………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar